Jumat, 07 Maret 2014

Pengertian Hacking, Cracking, Carding, dan Defacing


          Kejahatan di dunia Cyber sudah banyak dan menyebar diseluruh dunia. Berbagai istilah, nama, software, bahkan komunitas-komunitas sudah banyak terbentuk. Hal ini dilakukan dari iseng sampai mencari keuntungan. Artikel saya kali ini adalah pengertian berbagai istilah di dunia Cyber sesuai dengan pengalaman saya.

Hacking
Hacking adalah kegiatan memasuki system melalui system operasional lain yang dijalankan oleh Hacker. Tujuanya untuk mencari hole/bugs pada system yang akan dimasuki. Dalam arti lain mencari titik keamanan system tersebut. Bila hacker berhasil masuk pada system itu, hacker dapat mengakses hal apapun sesuai keinginan hacker itu. Dari kegiatan yang mengacak system maupun kejahatan.

Cracking
Cracking memiliki prinsip yang sama dengan hacking, namun tujuannya cenderung tidak baik. Pada umumnya cracker mempunyai kebiasaan merusak, mengambil data bahkan informasi penting. Cracking biasa dipanggil Blackhat Hacker. Cracker cenderung meretas berbagai system hanya untuk kesenangan tersendiri.

Carding
Sama halnya dengan cracking. Carder mencari dan mencuri data account yang ada di system untuk di pakai sendiri atau bersama team sesama carder. Dengan menggunakan alat bantu seperti software maupun tidak, carder dapat menjebol system yang sangat rentan dengan pembayaran online. Carder juga termasuk Blackhat Hacker. Carding biasanya dilakukan diberbagai tempat berbelanja secara online.

Defacing
Defacing adalah kegiatan merubah halaman website orang lain. Deface terkadang hanya sekedar untuk iseng, uji kemampuan, bahkan memamerkan kemampuan. Tapi terkadang defacer banyak yang ikut mencuri data-data website sebelum melakukan perubahan tampilan pada website tersebut.

Kebanyakan orang salah mengartikan antara hacker, cracker, carder, maupun defacer itu sama-sama dinamakan hacker. Padahal mereka memiliki arti dan tujuan yang berbeda-beda.

Semoga Bermanfaat ^_^

Terima Kasih Telah Berkunjung Di Blog The Amazing Joker

DMCA.com Dilarang Mengcopy-Paste seluruh atau sebagian artikel di atas dalam bentuk apapun. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh The Amazing Joker dan dilindungi oleh Digital Millennium Copyright Act (DMCA). Tindakan Copy-Paste bisa secara otomatis membuat blog/website Anda TERHAPUS DARI INDEX GOOGLE.
Suka artikel ini? Bagikan : Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait :

0 komentar:

Next Post Previous Post Homepage
 

Copyright © The Amazing Joker | Design by Tugasku4u | Powered by Blogger